Jumat, 10 Februari 2012

Antara maulidan, senam ceria dan tukang jualan

Minggu kemarin gue ikut maulidan di Monas sekeluarga. Karena telat bangun, alhasil sradak sruduk sana sini deh kita semua, Bokap gue nyeruduk lemari, ade gue nyeruduk bokap gue, nyokap nyeruduk galon aqua, gue nari balet pake lagunya kangen band. Ya bukan gitu sih, tapi yang pasti pagi itu hectic banget!!!

Saat sampe di Monas, gue kebagian bawa tentengan kantong plastik merah besar. Isinya? bukan...bukan Al-qur'an...tapi air minum, susu, roti sama biskuit. Gue sih udah menduga, naluri ibu-ibu kalo denger hal yang berbau taman bawaannya emang mau piknik.

Monas hari itu super ramai, di tempat parkir banyak orang yang jualan. Yang jadi masalah adalah, pengunjung yang rame + tukang dagangan + tentengan gede = NYANGKUT!!! bah!!! gue susah banget nyelip-nyelip, belok kesini gue nyangkut di tukang minyak wangi, belok kesana gue nyangkut di tukang tasbeh, belok lagi gue nyangkut di tukang gorengan, gue nyomot risol. Disaat itu jadi keinget omongannya Raditya Dika tentang Trio Macan yang pergi ke bulan dengan putaran rambutnya, betapa mudahnya mungkin hidup gue kalo jadi Trio Macan, gak perlu nyangkut-nyangkut gini, cukup puterin kepala gue bisa sampe ke tempat tujuan.

Semakin gue mendekati tempat maulidan, semakin gue menyadari betapa banyaknya suara yang harus gue denger dalam satu moment kayak gini...

Sholatullah....teeenonetttt tenooneeettt tenonenonenot.....bagai disurgaa....cinta satu malam......kopi kopi.....yasin...habibillahh.....

Nah?!!! kenapa bisa begitu? itu bagaikan lagu dangdut koplo yang di remix dengan lagu-lagu lainnya. Gue gabisa merasakan suasana pengajian yang seharusnya gue rasain. Agak aneh memang, ketika di salah satu sudut ada orang lagi ngaji dan di sudut lain yang jaraknya lumayan deket ada ibu-ibu gaul lagi pada senam ceria. Ditambah lagi banyaknya pedagang liar yang jualan, entah yang hilir mudik ataupun yang buka lapak.

Oya pedagang-pedagang ini sungguh sensitif, terutama yang buka lapak. Gue sempet ngelewatin mereka, gue cuma ngelirik sedikit ke arah dagangan merka, lalu mereka udah teriak seperti siap memangsa gue

"YA KAKAK BARANGNYA KAKAK....SEPULUH RIBUUU.....AYO DILIAT DULU...."

Gue takjub sama ke sensitifan dan daya juang jualan mereka.Tiba-tiba gue terinspirasi dari mereka, kapan-kapan gue mau ke SenCy atau GI, ya mall-mall kecelah... Gue akan buka lapak disana, dan ketika ada cowok ganteng lewat gue akan mengikuti para pedagang itu 

"YA KAKAK GANTENG...CINTANYA KAKAK.....GOCENG DUA KAKAK...., 
CINTANYA YOOOKK CINTAAA"

Oke, kembali ke pengajian (maulidan). Pokoknya suasana yang gue dapet hari itu bukanlah suatu suasana yang khidmat. Bukannya naif sih, cuma ya menurut gue ini sayang aja, kenapa pemerintah gabisa menutup area ini paling enggak sampe jam 11 deh, toh acara itu gak sampe satu harian. Ditambah lagi penertiban para pedagang yang bikin rusak suasana. Padahal Pak Presiden juga hadir loh di acara itu. Kehadiran Presiden sekalipun belum cukup ngebuat aparat yang berwajib  malu akan kesemerawutan yang terjadi. Ya terus mau sampe kapan dong ya negara kita kayak begini. Mesti apa atau ada siapa dulu sih supaya kita bisa malu jadi warga negara yang ga baik? hehe.

PS: hati-hati dengan pengemis yang merayap di jalanan, bukan karena dia akan menerjang, kombinasi kaget dan mau ketawa yang gabisa ditahan itu sungguh bukan kombinasi yang bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar