Kamis, 18 Agustus 2011

Ayo berubah! Indonesia Jaya!!

Tujuh belas Agustus tahun empat lima,.....jadi flash back ke beberapa tahun yg lalu lalu. Tiap tahun gue pasti nanyi lagu ini, secara anak padus. hahaha. Oke, tiba-tiba gue ngeblank pas mau nulis ini -________-"

Hmmm enaknya bahas  apa ya??
Oke, gini aja deh. Di twitter, pas tanggal 17 semua orang say happy birthday to Indonesia. Sebagian ada yang memuja muji Indonesia, sebagian ada yang said their wishes for Indonesia, dan sisanya 'MASIH' mengkritik Indonesia.

Dari posisi gue sendiri, bagi gue, Indonesia itu adalah tempat dimana gue tinggal selama 19 tahun ini, dan belom pernah sekalipun gue keluar dari Indonesia. Di tempat inilah gue punya banyak cerita yang nantinya pantes buat gue ceritain buat anak cucu gue. Walau dari banyak segi Indonesia masih bisa dibilang, erm....bobrok, tapi gimanapun juga disini gue dilahirkan, *cailah*

Kembali ke twitter, banyak tweet ini itu tentang hari Kemerdekaan. Buat yang ngucapin good wishes buat negara kita ini sih syukur deh, tapi buat yang kritik ini itu....ehm....gimana yaa?? Dulu gue juga selalu ngejelekin Indonesia, gue gak suka tinggal disini, karena bagi gue semua aspek pemerintahan, pendidikan dan kesejahteraan rakyat kita tuh parah banget. Tapi makin lama gue sadar, apa yang kita harapin dari negara terkadang terlalu muluk-muluk, sedangkan kitapun ga ada action apa-apa buat kemajuan negara kita.

Ga usah berpikir untuk jadi pemenang olimpiade Sains sedunia ataupun juara renang internasional. Kemajuan itu bukan hal gampang yang bisa dilakuin, itu butuh proses, tanggung jawab dan konsisten. Mulai aja dulu dari hal-hal kecil. Contohnya, gak buang sampah sembarangan. Banyak orang suka ngeluh "Jakarta sarang banjir, pemerintahnya gak bener nih nanganin banjir!!" Hey guys, siapa yang selama ini buang sampah sembarangan setiap harinya?? walau itu cuma tisu, plastik tutup botol, ataupun plastik permen. Mau dibangun bendungan, daerah resapan air atau entah apalah itu namanya, selama banyak sampah yang bakal nyumbat tempat-tempat itu, it's just a waste! Jadi mulai biasain deh buang sampah ditempatnya, kalo belum nemu tempat sampah, yaa simpen aja dlu di tas.Gak usah gengsi tas kalian bakal jadi tempat sampah, toh kan cuma sementara, nanti kalo nemu tempat sampah ya tinggal dibuang.

Hal lainnya, belajar yang bener! banyak siswa/i Indonesia ngeluh ini itu tentang pendidikan, oke, fasilitas pendidikan kita emang belum merata, tapi KENYATAANNYA semakin lengkap fasilitasnya, siswa/i kita malah makin males buat belajar. Menurut pengalaman gue, anak Papua justru lebih semangat buat ngenyam pendidikan, ketimbang anak2 di Jakarta. Anak2 di Jakarta kebanyakan malah lebih mengharapkan gak ada kelas, atau madol keluar dibanding belajar. Percaya deh, selama kebiasaan kita masih kayak gitu, Indonesia gak bakal bisa maju. Gimanapun juga, point penting yang bikin sebuah negara itu maju yaa dari segi pendidikannya juga.

Satu lagi nih, budayain rasa malu! maksudnya, malu untuk ngelakuin hal-hal yang emang bikin malu! contoh gampangnya aja deh, semenjak Korean wave, knp jadi banyak boyband atau girlband Indonesia, yang bahkan gue gak hafal nama-namanya. Kenapa sih kita mesti selalu latah sama trend? waktu trendnya 'Famous by Youtube" semua orang berlomba2 upload video, sekarang giliran lagi trendnya boyband/girlband, muncul deh tuh mereka dalam macem2 bentuk. Please deh guys, jangan mau jadi artis musiman, yang cuma sebentar eksis terus ilang dimakan trend. Gue yakin, orang2 Indonesia itu kreatif, bisa bikin sesuatu yang 'wah' tapi orisinil. Inget guys, Fame has costs, bukan cuma jual tampang, dibalik itu semua perlu usaha yang keras, mental baja dan talenta yang mesti terus diasah. (cuma buat sekedar perbandingan, boyband/girlband Korea itu sebelum mereka debut, mereka di trainng bisa sampai 5-7tahun!! and see? quality never lies).

Hmm....segitu aja kali ya komentar gue, hehe......kita sama-sama belajar jadi warga negara yang baik yaa....
Happy Birthday Indonesia!!! sori kalo postingannya telat :p
MERDEKA!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar